aceh dan seni

aceh_dance

aceh_dance

Konsep desain grafis aceh saat ini lebih mengarah kepada seni dan budaya aceh.  seperti halnya sosial budaya masyarakat aceh juga memberikan pengaruh kepada desain aceh. pengaruh seni aceh pada dunia desain aceh antara lain pada penempatan warna, motif dan icon. desain aceh lebih menfokuskan karakter acehnya. namun desain aceh yang sering beredar di aceh pada saat ini masih kurang elemen karakter keacehannya. salah satu faktornya adalah karena permintaan dari konsumen yang tidak mengharapkannya, kedua karena thema dari dari paket acara yang tidak dapat dimasukkan karakter aceh, ketiga karena desainer yang kurang peduli dengan perkembangan desain grafis aceh, dipengaruhi faktor desainer yang bekerja di Aceh bukan aceh asli dan kurang menguasai budaya aceh sendiri.

Apakah perlu ada icon aceh pada setiap desain agar nampak KEACEHANNYA??jawabanya tidak perlu. karena elemen keacehan bukan hanya ada pada icon aceh, jati diri sebuah desain dapat menggambarkan dengan sendirinya bahwa desain tersebut adalah desain aceh. seperti desain belanda, swis dan jawa. semuanya memiliki unsur atau karakter yang menjadi ruh dan hidup.

12 responses to “aceh dan seni”

  1. surya says :

    jadi konsep desain aceh itu bagaimana???

  2. verdi says :

    peu ka peugahnyan jak…
    hahaahahaa

  3. RAHMAN says :

    memang konsep desain itu seharusnya bebas nilai sehingga menjadi universal, dan abadi maka nilai ketakterhinggaannya dapat menampilkan nilai-nilai yang dapat diadopsi oleh siapa yang membaca dan melihatnya berdasarkan latar belakang pengetahuan dan fungsinya.

  4. Idrus bin harun says :

    menurut tafsir saya, soal bagaimana ke-aceh-an suatu design tidaklah terlalu penting. sebab kita tak punya sejarah design grafis. kalo pun ada tidaklah sekuat konsepsi design eropa abad lalu. tapi bukan berarti kita tidak wajib menonjolkan sisi keacehan. ini penting sekali sebagai nilai jual. namun, lihatlah. sebagai contoh, seni musik kita mentah2 mencaplok musik luar. namun akhirnya, kita sadar yang begituan akan mati sendiri karena tanpa penikmat. dalam hal design. kita mempunyai banyak design grafis berbakat di percetakan2 baik di kota banda aceh maupun di luar. merekalah yang seharusnya memajukan dan mengembangkan seni digital ini,sayangnya sebagian dari mereka bicaranya profit. bukan bicara atas nama kebudayaan…..that gawat…

  5. rajak says :

    benar adanya…….
    aceh memang tidak memiliki sejarah design grafis seperti hal nya eropa..
    tapi sekarang ini di aceh banyak melahirkan seniman-seniman grafis yang berbakat, kebanyakan basisnya murni otodidak karena di aceh sendiri tidak memiliki fasilitas akademis untuk bidang ilmu tersebut, baru-baru ini mulai digalakkan setingkat SMK. tapi itu bukan alasan, karena sekarang teknologi cukup memanjakan siapa saja yang memiliki kemamuan untuk menjadi maju. berbagai artikel, teori, tutorial serta berbagai informasi tersedia secara gratis…tergantung naluri kreatif….bicara masalah profit kalo menurut saya wajar selama itu dalam kondisi pantas. kalo menurut saya pada kondisi tententu perlu para seniman grafis aceh membangun dan menonjolkan karakter keacehan sehingga bisa tampil beda dan khas. di dunia music aceh juga ada yang tetap mempertahankan nilai -nilai ke-acehan, tapi kebanyakan memang mentah2 mencaplok music luar….semoga kedepan generasi aceh memiliki wacana untuk membangun dunia grafis aceh………..

  6. aulia 7 says :

    mau nanyak,,,!
    kalau mau jadi designer grafis sekolah/kuliah dimana sih….please
    terimong geunaseh

  7. iqbal hafidh says :

    Ikut aja ni ya?
    Mau beli mobil bekas di aceh? buka “acehiklanmu.wordpress.com”

  8. Hidayat says :

    bg boleh bagi file corel nya

  9. dizal says :

    amat menggembirakan dengan minat yg ada., berkreasilah tampa harus terikat ini khas aceh atau bukan, karena seni itu mengalir lewat jiwa, bisa lahir kreator2 lewat pendidikan formal atau otodidak. selamat berkreasi semuanya. Salaam

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: