Kasus dalam dunia cetak

Salah satu media cetak yang paling sederhana saat ini adalah printer. printer memiliki masing-masing perbedaan dalam hasil memproduksi. berbeda seri dan perusahaannya berbeda juga hasilnya. kasus yang paling sering ditemui adalah ketika hasil print tidak sama dengan dimonitor. kasus seperti ini sangat sering terjadi diduni percetakaan. permasalahannya adalah printer membaca colour gamut CMYK sedangkan dimonitor menggunakan gamut RGB. CMYK merupakan salah satu color mode antara warna C (Cyan) M (Magenta) Y (Yellow) dan K (Key). key merupakan kunci dari ketiga warna CMY. K (key) merupakan penggabungan antara C = 100%, M = 100%, Y = 100% dan Black = 100%. rata-rata mesin cetak mulai dari printer sampai dengan mesin offset menggunakan color mode CMYK. sedangkan monitor, scan, camera digital menggunakan color mode RGB, R = Red, G = Green, B = Blue. solusinya adalah sebelum mencetak terlebih dahulu memastikan sebuah desain dengan color mode CMYK, pada program corelDRAW ubah color managementnya, tools pada menu bar kemudian pilih color management >>>(lihat gambar 01). pada program adobe photoshop atur color modenya, dengan memilih image >>> mode >>>> CMYK..(lihat gambar 02).  selamat mencoba!!!

color management

color management

6 responses to “Kasus dalam dunia cetak”

  1. iwan says :

    Ass,
    Saya mau menanyakan sekarangkan saya memakai corel X5 masalah_a pengaturan warna seperti Tools di X3 tidak sm lagi dengan X5 mohon petunujk_a
    Trim’s

  2. rajak says :

    aduh…maap wan…
    saya belum make corel X5.
    jadi belom tau settingannya

  3. blacnaNas says :

    Assllm bg rajak… pkbar.. ni ada sedikit masalah ne ma warna,
    Al’a aku ada ngedesain ID card pake mode RGB, nah setelah jadi baru aku set ulang ke format CMYK namum kualitas kecerahannya berbeda dan tapi setelah cetak hasilnya juga pucat, kira-kira ada solusi ga bang??

  4. rajak says :

    oh..kalo pengalaman ku waktu ngprint pake printer convensional, biasanya kalo bikinnya mode RGB waktu ngprint ga usah convert ke CMYK, biasanya yang sering berulah warna cyan, misalnya untuk warna hijo, saran ku kalo ngeditnya mode RGb, printnya juga RGB aja..
    sukses selalu bro..

  5. Ardiansyah says :

    Saya seorang desainer pemula, belum begitu tahu soal nirmana warna dalam komunikasi visual. Saya mau tahu, apakah hasil desain kita di coreldraw bisa sama persis (100%) dengan hasil print di mesin cetak digital? Kalau bisa, saya minta tolong lah bagaimana cara settingnya. saya pernah mendengar yang namanya kalibrasi pakai Adobe Gamma, tapi sampai saat ini belum pernah coba. Pernah menggunakan alat kalibrasi namanya X-Rite, tapi tampilan desain saya di monitor belum persis juga dengan hasil cetak di mesin cetak digital.

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: