Tantangan jadi Desainer Grafis di Aceh

baliho bpdAceh Darusssalam diberlakukan syariat islam pada tahun 2004 silam. tatanan kehidupan di aceh seluruhnya terikat dengan syariat, salahsatunya media promosi dan iklan yang ada di aceh. secara umum masyarakat aceh merasa dispesialkan, perusahaan-perusahaan besar yang beriklan di aceh harus memformat kembali desain yang sudah beredar didaerah lain dan mendesain khusus untuk daerah aceh, seperti beberapa billboard operator yang terpampang diseputaran di banda aceh.  diharuskan memakai jilbab bagi bintang perempuan dan menutup aurat lainnya. dan beberapa baliho produk lainnya. kendala yang dihadapi desainer ketika desain yang dibawa dari jakarta harus dipermak dan dapat diterima dilingkungan aceh.  kasus seperti itu sering terjadi produk kosmetik dan produk fashion yang sedang ngetrend pada umumnya memang menjual aurat. Sampel yang lebik domestik ketika baliho salah satu lembaga keuangan aceh di seputaran pasar aceh lebih tepatnya merduati mendapat kritikan dan lebih sadisnya dari dinas terkait meminta diturunkan. masalahnya adalah desain pada baliho tersebut menampilkan seorang artis lokal yang lumanyan terkenal di wilayah aceh menggunakan jilbab kurang sempurna. berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menggantikan gambar pada baliho tersebut. artis lokal tersebut hanya sekedar mengikuti trend masa kini selanjutnya ketika baliho kembali dipasang sang artis sudah di delete….

5 responses to “Tantangan jadi Desainer Grafis di Aceh”

  1. spy04 says :

    Makanya jangan cari-cari penyakit. Sudah tahu adat Aceh sangat kental dengan hukum Islam jangan pula kita cari inspirasi sok berani yang mencoba melawan, mana menang!

    Dibandingkan keuntungan dunia yang sedikit, kerusakan moral generasi muda ga tergantikan, dan dibandingkan dengan kerusakan moral, kerusakan akidah ga mungkin terbayarkan… watch your every step carefully !!

  2. nagaselatan says :

    yup….setuju bro…mari bersama kita perjuangkan apa yang patut diperjuangkan, islam dan adat aceh adalah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. sejarah telah mencatat track record aceh yang dibentuk oleh para ulama…….jadi mari benahi diri sendiri menjadi sosok yang layak untuk memberikan tausyiah kepada orang lain…
    salam kenal……….

  3. hadissoft says :

    sebuah tantangan yg sangt berat,,,sbg desaigner hrus bs kiat padukn antara seni dan aturan hukum dan berlaku shg smunya ber’etika

  4. rajak says :

    ya…saya setuju
    dimana kaki berpijak disitu langit dijunjung
    (sedikit puitis😀 )

  5. Areteta Paparaka says :

    Kesian Kesian si Artis””””””

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: