Hobi jadi Bisnis atau Bisnis jadi Hobi????

acehdesain

Ada sebuah iklan yang tayang beberapa tahun yang lalu katanya begini “Saatnya jadikan hobimu jadi profesi”. Iklan tersebut sangat asik didengar apalagi kalo punya hobi yang aneh-aneh kemudian bisa menjadi sumber penghasilan tak terbayangkan betapa indahnya hidup ini😀 , tapi yang paling menyedihkan dan paling pahit rasanya ketika sebuah ucapan tidak semudah dan sesederhana mengucapkannya. Apapun itu cobalah menikmati dan mensyukuri hidup ini.

Berbicara masalah hobi, setiap makhluk yang Dibekali akal dan pikiran pasti memilikinya dan berbeda-beda, menurut pakar (jadi lupa pakar dibidang apa yang pasti benar-benar lupa) katanya kalo hobi itu dijadikan profesi akan lebih menyenangkan dan yang pasti akan menjadi sebuah ladang uang yang menjanjikan dibandingkan profesi dengan tuntutan ekonomi. Benarkah?? Jawabannya ada di google cari aja sendiri ya😀

Saya sepakat kalo hobi dijadikan bisnis akan lebih menyenangkan, tapi apakah semua hobi bisa dijadikan profesi kemudian menghasilkan uang dan bisa memperkerjakan orang lain terus bisnisnya maju dan diwariskan kepada anak-anaknya?? berdasarkan sebuah artikel yang pernah saya baca memang tidak semua hobi bisa dijadikan bisnis tapi bisnis bisa dijadikan hobi.

Beberapa hobi yang bisa dijadikan ladang uang misalnya hobi membuat kerajinan. Ada beberapa yang memiliki hobi membuat kerajinan-kerajinan terkadang sia-sia saat menyadari susahnya pasar menerima karya mereka. Karya dengan nilai seni dan bernilai jual akan mudah diterima pasar apalagi harganya masuk akal disinilah butuh keseimbangan antara jiwa seni dan jiwa dagang. Cara berpikir seniman dan pedagang itu sangat berbeda jadi cerdaslah memahami pasar. Di Aceh sendiri banyak praktisi seni yang memilih mencari tempat dimana pasar menghargai karya mereka yang pasti bukan di Aceh.

Jadi, diakhir kata kami dari acehdesain mengajak kalian yang punya hobi bidang kerajaninan untuk memikirkan konsep bisnis menghasilkan karya yang bernilai jual dan diterima dipasar (aceh-red). Untuk kalian yang sudah bisa menghasilkan produk kecil-kecilan tapi buntu dalam hal memasarkan kami siap mengajak menjalin kerjasama. Acehdesain mewacanakan divisi Pemasaran produk-produk seni (kerajinan) dengan sentuhan aceh terutama souvenir untuk dipasarkan, bagi yang berminat silakan layangkan email ke acehdesign1@gmail.com.

Saleum Acehdesain

Tags:

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

One response to “Hobi jadi Bisnis atau Bisnis jadi Hobi????”

  1. Pen Quran says :

    oke gan, sip lah artikelnya

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: