Jak Saweu Keuneubah Raja

Setelah berhasil dengan sukses posting blog semalam, malam ini dengan tubuh kelalahan akibat berdesak-desakan ditengah ribuan manusia yang ingin menyaksikan keuneubah raja di taman Safiatuddin saya masih menyempat diri update blog sebelum rasa malas menyerang. Setelah berjuang penuh untuk mendapatkan ruang berjalan ditengah manusia dengan semangat untuk menyaksiakan event spektakuler 5 tahun sekali akhirnya sampai juga diarea PKA taman safiatuddin. PKA tahun ini sepertinya sedikit ramai setidaknya dari simpang lamprit disepanjang jalan terlihat ribuan manusia memadati areal pekan kebudayaan aceh. sebenarnya ramai atau jalan memasuki arela taman safiatuddin semakin sesak dengan stand-stand UKM?entahlah yang pasti sungguh sulit melewati zona ini.

Stand Aceh besar merupakan stand pertama yang saya jumpai seterusnya diikuti stand Aceh Selatan yang berhadapan dengan Stand Abdya. Di Stand aceh selatan disasaki penonton yang sedang menyaksikan penampilan debus, untuk yang satu ini sepertinya tidak rugi untuk bilang “WOW” … penonton terlalu asyik menyaksikan atraksi budaya yang cukup terkenal di Aceh Selatan sampai tidak sadar mereka telah mengakibatkan macet total (😀 ) setelah puas menyaksikan atraksi luar biasa yang kurang bisa dipahami dengan logika akhirnya saya berpindah melewati sederet stand-stand lainnya termasuk stand SKPA yang beraneka rupa dan warna hingga akhirnya saya sampai di stand aceh barat  dan sempat masuk kedalamnya. disini terlihat benda-benda bersejarah terutama pedang dan pistol zaman seperti di film-film, yang menarik perhatian saya sebenarnya adalah perise (perisai) yang dulu sempat berdebat dengan salah seorang teman, beliau bersikeras bahwa aceh dulunya tidak mengenal perisai. sampai disini saya sempat foto-foto untuk memastikan bila nanti diajak berdebat saya punya bukti dan akhirnya saya menjadi pemeneng (hahaha).

stand meulabohSelanjutnya saya singgah distand bireuen, disini dekorasi depannya sedikit agak modern, ternyata diatas panggung sedang tampil artis aceh yang cukup dikenal hingga saat ini, dengan sedikit perjuangan untuk memasuki stand bireuen akhirnya saya gagal dan tersingkirkan dari berbagai desakan manusia yang ada disana. akhirnya saya mengurungkan niat untuk memasuki stand bireuen, padahal berniat sekali ingin melihat peninggalan-peninggalan bireuen yang pernah dikenal dengan kota juang. wel akhirnya saya terus berpindah melewati beberapa stand yang sangat sulit ditembus untuk berhasil masuk kedalamnya. sungguh luar biasa PKA 6 kali ini dibanding sebelum-sebelumnya.

Dengan segudang niat untuk kembali malam esoknya akhirnya saya angkat kaki untuk pulang, aku berniat untuk masuk kesemua stand agar lebih paham tentang budaya masing-masing daerah serta keuneubah yang mereka simpan. meskipun jam sudah menunjukkan jam 11. sekian-sekian ternyata sepanjang jalan tempat jualan berbagai jenis UKM masih terlihat ramai dan padat. disepanjang jalan dipanjang beraneka rupa produk-produk yang rata-rata bernuansakan PKA terutama pakaian dan berbagai accessories lainnya. Disana saya melihat pakaian-pakaian aceh dihiasi motif-motif ke-acehan yang sebagian besar jenisnya elemennya bersumber di acehdesain (hehehe). wow.. ternyata diam-diam blog acehdesain sudah menjadi referensi…😀 :D  .

Yang pasti malam besok saya telah bertekad untuk memasuki semua stand, dengan menggunakan kaca mata hitam seraya mengangkat tangan keudara saya berucap “I’ll be Back” PKA.  hohohho

Saleum Acehdesain

Tags: , , ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

