Ber’Narsis Ria’

Penomena beberapa bulan terakhir tepatnya semenjak awal tahun 2013 banda aceh terpampang foto-foto besar disudut spanduk dan baliho. Beberapa foto masih termasuk baru muncul ke publik sementara yang lain sudah biasa terpampang, dalam setiap momen penting atau tidak penting menjadi ajang untuk ‘nebeng’ pajang foto, dimulai dari ucapan selamat untuk acara sunatan, pernikahan, ultah kota/kab, bahkan Maulid Nabi. Mereka yang suka pajang foto bukan hanya dari kalangan yang akan bersaing dipemilu tahun mendatang tapi sampai merambah ke dunia kampus hingga ke lurah-lurah bahkan ke gang-gang sempit. Apapun bentuk acara akan tampil foto baik itu foto panitia atau sosok yang berpengaruh atas acara tersebut.  Wah..wah…makin seru aja!.

Dari segi bisnis penomena ini akan menguntungkan mengingat para fotografer akan tampil memenuhi kebutuhan ke-narsisan masyarakat saat ini. Bila dilihat dari pasar saat ini cara bersaing untuk pemilu kedepan bukan hanya bersaing program tapi juga perang tampang. Terus bagaimana dengan tampang yang pas-pasan?  Itu bukan masalah, aman pokoknya karena software adobe photoshop bisa menyulap tampang biasa aja jadi luar biasa…percaya??percaya ajalah.

Yang jelas apapun keinginan konsumen pasar selalu tersedia, konsumen cukup berikan masalah dan pasar akan menjawabnya asal berkantong tebal pastinya (senyum dikit). Beberapa percetakan dan digital printing di banda aceh belakangan ini sudah mulai jaga badan menolak ‘bayar nanti’, walaupun niat tulus dan suci untuk memperjuangkan aspirasi rakyat nantinya (ketika terpilih) namun pengusaha printing sudah cukup memahami kondisi lapangan.

Oia, sebenarnya pengusaha printing juga punya alasan masuk akal menolak bayar nanti mengingat mereka membutuhkan biaya produksi mulai bahan baku, tenaga kerja, utang bank beserta bunganya dan beban lainnya yang dinilai dengan biaya,  bila piutang membengkak maka kegiatan produksi akan terhambat maka perusahaan akan mengalami kemacetan dan apabila sipengusaha mendapatkan pinjaman dari bank maka pihak bank akan menetapkan persen bunga setiap rupiahnya, jadinya sipengusaha akan rugi dan bahkan sejarah telah membuktikan beberapa percetakan terpaksa gulung tikar dan menjadi tukang bakso. Tragis kan??memang tidak menyenangkan jadi rakyat jelata…untuk itu mari bermimpi sesuai kapasitas, setiap keinginan ukur dengan kemampuan dan yakinlah semuanya akan berjalan baik-baik saja.

Kembali lagi ke dunia narsis, beberapa foto bahkan dipasang asal-asalan karena gambar diambil via telpon gengam dengan resolusi rendah. Jadinya hasil foto noise (dalam bahasa aceh “meujamok”). Untuk mengantisipasi hasil meujamok, dari sekarang setiap dari anda untuk menyiapkan segera foto dari berbagai posisi hires (resolusi tinggi maksudnya), pertama posisi badan dan pandangan menghadap kedepan, kedua posisi badan miring ke kiri pandangan tetap kedepan dan ketiga posisi badan miring ke kanan pandangan lurus kedepan. Tujuannya ketika anda dipilih sebagai panitia, juri, presiden mahasiswa, geuchik, camat, anggota dewan, atau bahkan korban anda sudah aman karena tak perlu sibuk cari foto kesana kemari karena stok selalu tersedia syalalallalala cukup duduk manis sambil menoton wakil panitia sedang panik nyari foto-foto di fb untuk dipasang di spanduk…sementara anda aman kan ???menyenangkan jadi rakyat jelata dengan segala persiapan.

Sebelum mengakhiri tulisan yang ga penting ini admin acehdesain cuma berpesan lakukan segala segala sesuatu dengan perhitungan yang tepat, ukur kelemahan dan kemampuan diri dan hasilnya jadikan pertimbangan untuk melangkah. Saleum acehdesain.

Tags: , , ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: