Inspirasi: Ornament indah interior Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Ditengah malam yang sepi begini, aku tak sendiri tapi ditemani beberapa makhluk hidup lainnya, ada yang berpesta pora, jingkrak-jingkark atau disudut sana menyanyikan ratapan pilu mengenang sang kekasih pergi memilih jalan hidup yang baru, beuh… segala sesuatunya begitu sempurna saat ini, dan sepertinya aku harus segera mengisi blog ini untuk berbagi biar saya telepas dari sejuta pikiran-pikiran berat dan melelahkan.

Kali ini saya akan berbagi tentang sesuatu yang menarik (setidaknya buat saya sendiri), kenapa menarik? setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda baik dari segi kualitas ataupun kuantitas tergantung dari sudut yang melihatnya, semuanya tergantung yang memberikan penilaian dan tidak luput juga dari unsur kepentingan, sesuatu menarik saya maksudkan adalah “Mesjid Raya Baiturrahman” (jreng-jreng…) bangunan ini cukup populer dikalangan masyarakat Aceh dan sampai saya posting tulisan ini sudah hampir setiap sudut bangunan pernah difoto, dan saya masih kagum dengan Mesjid Raya Baiturrahman karena disinilah perangnya Aceh berawali”. saya ingin berbagi tentang mesjid raya dari sisi yang berbeda artinya bila selama ini yang terpublikasi adalah bangunannya dari berbagai sudut saja , kali ini saya publikasi ornament-ornament indah yang menghiasi interior mesjid raya. Ornament-ornament tersebut sama halnya dengan kebanyakan ornament Islam lainnya yaitu bernuansa ketimuran yang terdiri dari motif floral dan khaligrafi.

Nah, berikut ada beberapa ornament interior Mesjid Raya Baiturrahman semoga cukup menginspirasi atau setidaknya dapat menjadi referensi anda membangun bangunan Islami. selamat menikmati.

Bila dari dekat dapat secara detail terlihat motif floral dan ukuran geometri menghiasi interior mesjid/masjid

Diantara motif-motif floral terdapat khaligrafi arab

Disini cukup terlihat corak geometri memperkaya seni Islam tempo dulu.

 

Gambar berikut ini tepat berada ditengah-tengah mesjid. Disekelilingnya dihiasi dengan ornament dan khaligrafi Islam.

Tags: , , , , , , , , ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

2 responses to “Inspirasi: Ornament indah interior Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh”

  1. Jaka Zulham says :

    Subhanallah, indah sekali.🙂

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

