Mengenal Istilah COPYRIGHT vs. TRADEMARK vs. PATENT

Beberapa orang bingung dengan istilah copyright, trademark atau paten, sebenarnya ketiga isitlah tersebut memiliki beberapa kesamaan yaitu untuk melindungi hak kekayaan intelektual tapi fungsi dan tujuannya berbeda. Karena begitu membingungkan atau malas mencari tau tak heran bila sebagian orang menggunakan isitlah tersebut tidak sesuai dengan tujuannya…dan kenyataan seperti itu semakin bertambah membingungkan. Jadi apa yang dimaksud dengan ketiga isitah tersebut?? Cekidot…

 Copyright (Hak Cipta)

386507_1585925104491_1696869828_n

Copyright merupakan bentuk perlindungan yang diberikan kepada “karya asli penulis” termasuk sastra, drama, musik, seni dan beberapa karya intelektual lainnya baik yang diterbitkan maupun tidak. Undang-undangan hak cipta pada umumnya memberikan hak istimewa kepada penulis atas hak ciptanya untuk memperbanyak karya asli menjadi salinan-salinan yang akan didistribusikan ke publik.

Trademark atau Servicemark

03aa2a9fc4228d4217a5bd71b19bb507

Trademark atau servicemark terdiri dari kata, nama, logo atau tanda khusus yang digunakan oleh perusahaan terhadap produk mereka untuk memberikan informasi kepada publik atas sumber barang tersebut atau sederhananya merk dagang bertujuan untuk membedakan mereka dengan barang-barang perusahan lain. Sementara Servicemark sama hal nya dengan Trademark namun servicemark bentuk produknya adalah jasa/layanan. Fungsi servicemark juga mengindentifikasi atau membedakan sumber jasa dari sebuah produk perusahaan tertentu.

Hak trademark atau servicemark biasanya digunakan untuk mencegah orang lain atau perusahaan lain untuk menggunakan tanda yang sama atau mirip tetapi tidak mencegah orang lain untuk membuat barang atau jasa yang sama.

Paten

Berbeda dengan copyright dan trademark, paten merupakan hak atas sebuah penemuan, biasanya pemegang hak paten dipegang oleh penemu baik perusahaan maupun negara atau individu. Hak paten merupakan perlindungan bagi para penemu bahwa penemuan mereka tidak dapat digunakan, didistribusikan, dijual, dihasilkan secara komersial, diimpor, dieksploitasi, dll tanpa persetujuan dari pemilik sekarang. Ini merupakan satu bentuk monopoli yang diberikan negara kepada seorang pemohon hak dengan imbalan pengungkapan informasi teknis mereka.
Adapun hak khusus pemegang paten untuk melaksanakan temuannya secara perusahaan atas patennya baik secara sendiri maupun dengan memberikan persetujuan atau ijin atau lisensi kepada orang lain, yaitu: membuat, menjual, menyewakan, menyerahkan, memakai, menyediakan, untuk dijual atau disewakan atau diserahkan hasil produksi yang diberi paten. Hak ini bersifat eksklusif, dalam arti hak yang hanya bisa dijalankan oleh orang yang memegang hak paten, orang lain dilarang melaksanakannya tanpa persetujuan pemegang paten. Untuk menegakan hak, pengadilan yang bertindak untuk menghentikan suatu pelanggaran hak paten. Jika ada pihak ketiga, yang berhasil membuktikan ketidaksahihan suatu paten, pengadilan dapat memutuskan bahwa paten yang diterima adalah tidak sah. Selain itu, pemegang hak yang sah memiliki hak menggugat. Hak menggunakan proses produksi yang diberi paten untuk membuat barang dan tindakan lainnya sebagaimana dimaksud di atas.

 

Tags: , , , , , ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

2 responses to “Mengenal Istilah COPYRIGHT vs. TRADEMARK vs. PATENT”

  1. indrabiker22 says :

    sangat baermanfaat .. thanks bg rajak…

  2. indrabiker22 says :

    Reblogged this on indrabiker22 and commented:
    hebat benar.. blognya

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: