Ask: Bagaimana membuat membuat brosur yang baik dan benar????

Saya banyak mendapatkan email serupa dari pengunjung acehdesain bertanya bagaimana membuat brosur yang baik dan benar, sebenarnya saya juga bingung menjawab pertanyaan tersebut. jadi saya posting kemari agar yang para “suhu-suhu” dunia perdesainer-an yang lebih paham dan mengerti tentang desain bisa ikutan beri masukan. saya akan menjawab sebatas kemampuan saya semoga bermanfaat.

Brosur sudah dikenal sejak mesin cetak bergerak ditemukan pada tahun 1450-an yang ditemukan oleh seorang ilmuan berkebangsaan Jerman Johann Gutenberg atau Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg (lahir sekitar 1398 – meninggal 3 Februari 1468). sebenarnya pengetahuan tentang ilmu cetak sudah dikenal sejak abad ke 14 di China. Sebelum dunia digital mengobrak-abrik dunia seperti sekarang ini alternatif satu-satunya perusahaan untuk mengiklan produk mereka adalah melalui brosur dan poster dan hingga saat ini metode iklan visual melalui brosur terus berkembang.

Ada tiga fungsi utama yang harus melekat dalam sebuah brosur, yaitu:

  • Fungsi informatif: brosur biasanya digunakan untuk menginformasikan kepada pelanggan yang berkaitan dengan perusahaan. jadi pada saat membuat sebuah brosur tentukan informasi seperti apa yang akan dikomunikasikan,

  • Fungsi iklan: brosur merupakan salahsatu alat iklan visual yang paling efektif karena brosur dapat mempromosikan lebih dari satu produk atau jasa.

  • Fungsi Identifikasi : selain menjadi alat informasi dan iklan, brosur juga dapat mempetahankan kriteria perusahaan (Corporate identity) tentunya dengan desain yang cerdas, bila mampu mempertahankan identitas tertesebut tentunya perusahaan atau produk yang menjadi konten brosur akan mudah dikenal oleh masyarakat, ini akan memberikan prestise kepada si perusahaan dan akan menambah nilai kredibilitas.

Ketiga fungsi diatas harus saling berinteraksi, bila mengabaikan salahsatunya maka brosur dianggap cacat atau akan kurang efektif karena brosur merupakan hasil interaksi dari ketiga fungsi tersebut, misalnya sebuah perusahaan meluncurkan produk terbaru kepasaran, didalam brosur tidak hanya berisi tentang produk baru tetapi juga termasuk informasi perusahaan dan beberapa informasi yang terkait lainnya, selanjutkan terapkan identitas perusahaan (Corporate identity) karena fungsi ini yang akan muncul pada pandangan pertama dalam brosur. meskipun cuma melihat sekilas tapi si konsumen sudah mengenali perusahaan pemilik brosur karena identitas yang ditampilkan kuat dan tepat.

contoh corporate identity

Jadi sebelum memulai mendesain sebuah brosur ada baiknya dikonsep dan direncakan terlebih dahulu,

  • Pikirkan tentang tujuan dan fungsi brosur tersebut
  • Tonjolkan salah satu fungsinya, seperti fungsi informatif, iklan atau identifikasi.
  • Periksa kembali apakah ketiga brosur diatas sudah termasuk di brosur , meskipun satu menonjol dan fungsi lainnya kurang menonjol
  • Pilih format brosur berdasarkan tujuaanya.

sebagai tambahan, sebelum memulai mendesain sebaiknya kumpulkan beberapa brosur yang bisa menginspirasi karena ini akan merangsang ide anda dalam menciptakan sebuah brosur yang bagus!,,,

Bagaimana menurut anda??silakan dikomentar

Tags: , , , , ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: