Aceh Krisis Desainer Grafis

Aceh beberapa tahun belakangan ini booming dengan usaha berbasis digital printing entah karena bisnis tersebut lebih menguntungkan atau karena momentum job musiman dalam rangka menyambut pemilukada aceh 2012 yang pasti membutukan material kampanye besar-besaran. sang kandidatpun tidak segan-segan menghiasi setiap jalan, toko atau tempat-tempat umum lainnya dengan material kampanye berisi foto-foto dan slogan-slogan yang pada intinya “pilih saya!”. bagi pelaku bisnis digital printing momentum ini disebut sebagai “panen besar” maka bagi pengusaha atau bahkan mereka yang berkantong tebal tidak segan-segan mengeluarkan modal ikut terjun kedalam dunia digital printing dengan harapan saat pemilukada usai kondisi perusahan BEP (Balik Modal).

Alasan lain adalah karena bisnis digital printing banyak dianggap lebih menguntungkan dan efektif dibandingkan usaha lain yang membutuhkan modal yang sama besar, pemikiran seperti itulah yang kemudian berjamurnya pelaku bisnis digital printing di banda aceh, saat ini (tahun 2012) tercatat lebih dari 27 mesin di aceh yang beroperasi untuk melayani kebutuhan cetakan aceh. masing-masing memiliki spesifikasi dan lahan/pasar yang berbeda-beda, karena ketatnya persaingan dan berjamurnya usaha sejenis dalam menguasai pasar printing, para pelaku bisnis memasang berbagai strategi melalui promosi atau bahkan perang harga gila-gilaan. fenomena banting harga ini bukanlah hal yang aneh mengingat perusahaan operator selular juga sering melakukan hal yang sama (hehehe).seharusnya dalam dunia industri kreatif persaingannya tidak perlu berlomba-lomba paling murah tapi persaingannya juga harus kreatif dengan berlomba-lomba paling berkualitas dan paling aktif melakukan inovasi-inovasi agar selalu terdepan. Dengan begitu persaingan tetap aman dan bisnispun tetap lancar. (hehehe)

Dalam dunia industri kreatif yang diperlukan bukan hanya sekedar  modal besar namun harus didukung skill khusus supaya usaha tetap bertahan dan bisa menghasilkan keuntungan.  Sebagai modal utama tentunya usaha tersebut harus didukung tenaga teknis dan tenaga marketing yang tangguh disamping manajemen yang kuat agar segala sesuatunya berjalan sebagaimana mestinya. Tanpa memperhatikan hal tersebut yang terjadi kemudian adalah penyesalan karena tergoda laba besar ujung-ujungnya usaha berjalan ditempat dan berakhir banting setir atau paling tragis tutup buku.

Dibalik berjamurnya industri kreatif di banda aceh timbullah kesempatan bagus yang kemudian menjadi peluang bagi anak-anak aceh untuk mengasah kemampuannya di bidang desain grafis dengan bekerja disamping mencari uang. Yang paling mendesak dan begitu terasa di banda aceh sampai detik ini yaitu krisisnya SDM siap pakai, dan yang paling dibutuhkan saat ini di banda aceh adalah tenaga desainer grafis yang belakangan saya mendengar begitu langka. karena kondisi kelangkaan tersebut sebagian para praktisi photoshop atau corelDRAW yang memiliki skill pas-pasan (meskipun tanpa basic akademis desain ataupun pengalaman sekalipun) siap ditampung dengan motivasi mau bekerja dan dibimbing.

so, bagi rakan-rakan yang memiliki keinginan untuk bekerja sebagai desainer grafis  di banda aceh saatnya untuk memupuk skill karena lahan pekerjaan siap menampung. peu preh lom………buka tutorial saatnya belajar (heheheheheh)

sebagai informasi bagi rakan-rakan yang menguasai aplikasi grafis baik corelDRAW, photoshop, Adobe Illustrator namun belum pernah bekerja dan ingin berkarier di usaha digital printing silakan koment di bawah ini…

saleum acehdesain.

Tags:

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

5 responses to “Aceh Krisis Desainer Grafis”

  1. Aulia says :

    tulisan pencerahan cocok buat yg bergerak didunia ide dan kreasi🙂

  2. rajak says :

    hehehehe…
    mmang kondisi saat ini aceh terutama banda aceh sedang dilanda krisis desainer grafis siap pakai…hampir setiap percetakan dan advertising di banda aceh membutuhkan tenaga desain

  3. andhyjie says :

    peluang bagus tuh…
    sayang Q d sulawesi

  4. desaineraceh says :

    Kalau anda butuh tenaga kerja profesional untuk desain grafis, saya siap membantu. link dibawah merupakan info dan hasil kerja kita selama ini, mohon kritikan dan saran untuk membangun karena saya ingin belajar yang lebih baik dari anda semua. Terima kasih.

    Copy Link dibawah ini ke mesin pencarian google :

    Proses Pembuatan Lagu :

    Website Sekolah :
    http://sites.google.com/site/wwwsmpbinagenerasibangsacom/

    Desain Website Individu
    http://sites.google.com/site/designjunirullah/
    http://junirullah.devhub.com/

    dan mungkin ada banyak lagi yang belum saya kirim linknya, mohon maaf kalau ada kekurangan dalam bidang desain grafis.

    wassalam

    Junirullah
    phone : 082164715377
    Meulaboh-Aceh Barat

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: