5 Hal yang dibutuhkan oleh desainer

Seorang desainer dituntut untuk mampu menciptakan desain (komunikasi visual) yang menarik, menjual dan memiliki pengaruh. Memiliki pengaruh dalam dunia pemasaran berarti desain yang mampu merangsang konsumen untuk melakukan respon positif atau kerap disebut dengan emotional benefit. Disamping itu, desainer juga harus tampil inovatif dan inspiratif agar tetap terlihat baru dan tidak membosankan. lalu, apa yang harus dimiliki seorang desainer agar semua itu dapat tercapai?

1. Waktu

Mendesain terus menerus tanpa henti bukanlah citra desainer yang produktif dan sehat.  Meskipun desain yang mereka hasilkan banyak tapi belum tentu hasil yang didapat memuaskan.  Desainer juga membutuhkan waktu untuk istirahat,  melakukan kegiatan diluar aktivitas desain sehingga otot kreatif tetap terjaga dan aktif. jadi, perlu ada keseimbangan antara waktu untuk mengeksplorasi dan waktu untuk memvisualisasikan.

2. Tujuan yang jelas

Tentukan parameter atau ruang lingkup dari tujuan yang akan dicapai. ini perlu agar pekerjaan menjadi terarah dan tepat sasaran disamping itu juga bisa menghemat banyak waktu. jadi hindari kreatifitas berlebihan yang dianggap tidak perlu. Creativity doesn’t matter much if it doesn’t answer the problem.

3. Informasi.

Desainer perlu mempelajari subjek dari klien, gali beberapa informasi yang dibutuhkan untuk bahan dasar bagi anda dalam memutuskan ide yang tepat sesuai selera dan prioritas klien.

4. Penelitian

Untuk menambah wawasan dalam menciptakan ide-ide visual yang kreatif, desainer perlu mengumpulkan informasi-informasi yang berkaitan dengan desain, mengikuti perkembangan dunia desain melalui forum atau website dan blog-blog desain, membaca artikel di majalan dan lainnya.

5. Tools.

Dewasa ini komputer merupakan komponen terpenting dalam menunjang pekerjaan desainer grafis. akan tetapi pensil dan kertas juga tidak kalah penting mengingat kadang-kadang komputer juga memiliki ketebatasan, komputer diibaratkan sebagai oven sementara ide adalah yang terpenting dalam menciptakan hasil yang baik. Agar pekerjaan anda tidak terganggu ada baiknya fasilitas yang digunakan memadai terutama komputer dengan standar untuk desainer grafis.

Tags: , , ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

One response to “5 Hal yang dibutuhkan oleh desainer”

  1. jaka says :

    teurimong geunaseh ateuh postingan yang get nyoe..🙂
    saleum desain.

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: