Tutorial Photoshop: Membuat Efek Api pada Text

Belakangan ini saya banyak mendapat kritikan dari beberapa teman dan pengunjung blog ini mengenai tulisan saya yang sulit dimengerti atau susah dipahami alias amburadur alias hancur. Jujur,  sebenarnya saya menyadari akan hal itu T__T (menyedihkan). sebelum memulai tutorial ini saya sedikit bercerita sejarah mengapa tulisan ku berantakan dan sulit dibaca. Ketika SMA saya sangat malas menulis terutama ketika ada tugas yang berkenaan dengan mengarang, biasanya saya memanfaatkan teman untuk mengerjakan itu semua hingga suatu hari mendadak dapat tugas dikelas membuat cerita tentang riwayat hidup masing-masing, saya jadi panik karena teman yang bisa kuandalkan sibuk mengerjakan tugasnya sendiri, sementara saya cuma bisa meratapi deritaku sendiri dan ujung-ujungnya guru bahasa marah besar karena tugas tidak saya kumpulkan, dalam keadaan kesal guruku memvonis (lebih tepatnya kutukan) saya tidak akan pernah bisa membuat karangan/tulisan dengan baik dikemudian hari. awalnya saya asyik-asyik aja karena cita-citaku memang bukan untuk menjadi pujangga atau penulis tapi seiirng berjalannya waktu ternyata dimana-mana bahasa yang baik itu sangat diperlukan agar komunikasi lancar,….(menyesal sambil berharap terlepas dari kutukan). jadi, ayem sori ajalah kalo semua tulisan di blog ini hancur-hancuran silakan ambil manfaatnya aja kalo pun ada….

Okelah, mari kita mulai tutorial membuat efek api pada text dengan photoshop, ini hasil finalnya..

Buka file baru ukuran 1000 x 7500 pixel

Dengan menggunakan Paint Bucket warnai background dengan warna Hitam

Gunakan Text Tool untuk mengetik tulisan “ATJEH”. saya menggunakan jenis font TRAJAN NORMAL.

Dobel Klik pada layer text, Pilih Blending Option,  sesuaikan pengaturan seperti berikut:

Outher Glow

Color Overlay

Inner Glow

Satin

Hasil Sementara

Tambahkan Texture api (Download disini).

Pilih Channel, seleksi layer Green dengan Magic tool, pilih load channel as selection

Drag/Geser hasil seleksi kedalam dokumen,

Dengan menggunakan Eraser Tool, hapus beberapa bagian yang tidak perlu (sesuaikan)

Duplikat layer api (CTR + J). pilih mode : Overlay

Lakukan langkah yang sama (Duplikat layer api (CTR + J). pilih mode : Overlay), untuk semua bagian text. hingga hasilnya seperti dibawah ini.

Selamat Mencoba……..

Tags: , ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

8 responses to “Tutorial Photoshop: Membuat Efek Api pada Text”

  1. wongalusaceh says :

    jak wallpapers droe neuh lon boh bak blog lon beh, sambilan promosi blog droe neuh he he he , pengunjung blog lon lumayan he he he

  2. Aceh Desain says :

    okelah…pake aja

  3. Ikhsan says :

    Assalamualaikum..saleum meuturi dari aneuk panton labu…ijin share bak blog lon artikel dro neuh…neupiyoh hai sigo2 bak blog lon…http://muhammad-ikhsan74.blogspot.com..Aceh Desain . Good Luck

  4. Vhenk-vhenk says :

    Mantap sekali…………..

  5. toni says :

    kereenn…

  6. Agung says :

    GIMAna cara masukin dokumennya

  7. Anisa says :

    diubah ke green tpi kok malah abu” warnanya?

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

