Psikologi Warna dalam Dunia Pemasaran

Apakah anda sudah memilih warna khusus untuk materi pemasaran anda??apa alasan anda memilih warna tersebut? Apakah anda benar-benar menyukai warna-warna itu, atau apakah warna tersebut memiliki tujuan pemesaran tertentu? sementara daya tarik visual adalah suatu point penting yang harus dipertimbangkan, apakah warna yang anda pilih benar-benar mampu mengirim pesan kepada orang-orang yang melihatnya??Apakah anda yakin dengan isi pesan itu??

Sejumlah pertanyaan yang harus dijawab bagi perusahaan sebelum memilih warna yang tepat untuk materi pemasaran. warna yang tepat akan memberikan pengaruh yang cepat dalam kegiatan pemasaran, secara psikologis warna yang anda pilih haruslah mampu mengirim pesan kepada yang melihat. oleh sebab itu pertimbangkan warna yang cocok dalam bisnis anda baik itu untuk kartu nama, brosur, situs web, poster atau materi lainnya.

anda pasti sering memperhatikan bahwa restoran makanan cepat saji dihiasi dengan warna merah cabe dan warna jeruk? Bukan hanya kebetulan bahwa warna-warna tersebut begitu sering muncul. Berdasarkan Penelitian warna merah dan jeruk mempu mendorong pengunjung untuk makan dengan cepat.

Juga bukan kebetulan bila anda sering melihat banyak warna merah dan hitam di situs dewasa. warna ini dipilih karna dianggap secara psikologis memiliki konotasi seksual. kemudian anda juga pasti sering melihat bahwa mainan, buku dan situs web anak-anak biasanya didominasi dengan warna cerah, warna primer? alasannya karna Anak-anak kecil lebih menyuukai warna-warna primer dan lebih cepat merespon daripada warna pastel dan warna-warna kelam lainnya.

Namun, yang diperlu diingat bahwa efek psikologis warna tidak sama terhadap setiap audient hal ini dipengaruhi oleh faktor budaya yang berbeda-beda. jadi sebelum anda memilih warna untuk media promosi anda sebaiknya pikirkan target pasar yang akan anda masuk agar produk yang anda pasarkan mendapat respon positif dari konsumen.

Sebagai contoh, putih adalah warna kematian dalam budaya Cina, tapi di Brasil warna ungu merupakan warna kematian. Kuning melambangkan suci bagi Cina, tetapi di Yunani dan Perancis melambangkan kecemburuan tetapi di Amerika Utara, hijau biasanya dikaitkan dengan cemburu. begitu juga dengan masyarakat yang berada di negara tropis lebih cepat merespon dengan warna-warna hangat.

Para peneliti telah menetapkan bahwa warna merah-oranye, hitam dan biru dipercaya memiliki pengaruh besar terhadap konsumen dalam kegiatan belanja. sementara konsumen yang memiliki anggaran pas-pasan akan lebih cepat merespon terhadap warna  pink, teal dan biru muda dan bagi masyarakat tradisional lebih cepat menanggapi warna yang memiliki unsur pastel – pink dan biru langit.

sebagai contoh lagi misalnya situs web mobil mewah Jaguar. Ada dominasi hitam (kecanggihan) dan perak (prestise). pesan yang disampaikan bahwa Jaguar pasar untuk orang yang berpendapatan tinggi yang memandang diri mereka sebagai canggih dan mencari kendaraan bergengsi.

Jadi bagaimana Anda menentukan warna yang tepat bagi bisnis anda???

Pertama, pikirkan tentang target pasar Anda. Mari kita katakan bahwa Anda menjual buku-buku untuk anak-anak , tetapi target pasar anda untuk orang dewasa (orang tua anak-anak) Anda mungkin akan mendesain buku dengan warna kontras, warna primer (merah, biru, kuning) untuk menarik minat anak-anak yang akan menggunakannya. Namun, materi pemasaran (situs web, brosur, dll) akan dirancang untuk target orang dewasa. Anda mungkin memutuskan warna yang mengandung unsur biru (kepercayaan, keandalan), pink (memelihara, manis, keamanan) dan kuning (bahagia, lucu).

Namun, ada baiknya anda menguji iklan anda tersebut dalam segmen pasar kecil terlebih dahulu sebelum meluncurkan sebuah kampanye berskala besar. Tentukan target dan Pikirkan pesan yang ingin anda sampaikan kemudian pilih warna yang tepat.

 

Tags: , ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: