Tutorial Illustrator : Membuat Karakter Kartun

Sudah lama tidak bikin tutorial tentang  ilustrator, baru kali ini baru ada kesempatan. begitu melihat perkembangan teman-teman makin sakti aja dalam mengeksekusi design vector jadi termotivasi lagi maen di ilustrator…so, tidak perlu memperpanjang mukhadimah, mari kita mulai. ini gambar finalnya…

Langkah pertama yang perlu dipersiapkan dalam membuat sebuah karakter kartun ciptakan ide-ide dasar melalui sketasa pada kertas, selanjutnya scan gambar tersebut kedalam komputer anda.

Buka Adobe Ilustrator kemudian Copy hasil scan kedalam  artboard anda (FILE > Place) atur opacitynya menjadi 30 persen kemudian kunci layer (CTRL + 2).

 

 

Buat Layer Baru, geser dibawah layer gambar scan.

 

Gunakan Pen Tool untuk mengikuti garis luar pada sketsa, kemudian tambahkan stroke 5pt.

 

 

Setelah outline selesai, sekarang gantikan ukuran stroke 3pt (tekan CTRL+F10) untuk menelusuri garis detail seperti tepi topi, mata, mulut, kerah baju, dan garis lainnya.

 

Pada bagian Topi anda perlu menambah kan sebuah garis melengkung dan runcing. caranya bula sebuah bulat kecil dengan menggunakan Elips Tool (L). Gunakan Direct Selection Tool (A) klik pada titik dan gunakan panah pada keyboard anda untuk menariknya memanjang kekiri. lihat gambar dibawah.

 

Gunakan Wrap untuk membentuk objeknya melengkung, caranya Pilih OBJECT > ENVELOPE DISTORT > Make With Wrap. atur blend dan horizontal agar posisinya sesuai.

Hasilnya seperti dibawah ini

 

Setelah karakter tersebut telah sepenuhnya ditelusuri, hapus centang pada visibilitas layer hasil sketsa dan membuat penyesuaian yang anda anggap perlu, seperti menambahkan beberapa garis pada beberapa bagian.

 

Buat layer baru dan geser di bawah semua layer. mulailah mengisi warna pada semua bagian yang perlu. gunakan pen tool dan ikuti jangan sampai keluar dari garis outline.

Ulangi proses ini sampai semua bagian terisi dengan warna yang menurut anda sesuai

Selanjutnya anda perlu menambahkan warna gradien (CTRL + F9)pada beberapa bagian, misalnya pada bagian topi.

Agar terkesan lebih tegas, tambahkan warna lebih gelap pada bagian-bagian tertentu. misalnya pada topi caranya dengan menggunakan pen tool buat seleksi pada sebagian topi. Pilih Hasil seleksi Bersamaan dengan klik pada topi kemudian tekan divide pada Pathfinder>expand. lihat gambar dibawah. gunakan perintah CTRL+F7 untuk memunculkan kotak align.

 

Ungroup kedua object tersebut dengan klik kanan pada mouse anda.

 

Warnai salah satu bagian dengan warna lain yang hampir berdekatan dengan warna dasarnya…

 

Ulangi langkah diatas pada bagian-bagian lain jika menurut anda perlu. dan hasilnya akan seperti ini…

Nah, udah selesai. selanjutnya anda bebas memodifikasi dengan menambahkan latar belakang dan beberapa text seperti yang aku lakukan. sekalian beberapa coretan dengan brush tool.

 

 

 

Tags: , , ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

7 responses to “Tutorial Illustrator : Membuat Karakter Kartun”

  1. eka says :

    wow, mantap kali bos,

    aku biasanya pake corel,
    blum pernah pake ilustrator

    kalo sempat, buat posting ttg perbandingan corel dengan ilustrator. sippp

    mantrap beuh

  2. rajak says :

    Sebanarnya topik perbandingan antara corel dan ilustrator sudah pernah saya posting…
    disana sudah dibahasa sama praktisinya masing-masing
    mungkin anda bisa mengambil kesimpulan sendiri software mana yang mungkin pas

    visit
    https://acehdesain.wordpress.com/2010/01/22/corel-vs-illustrator/

  3. Dedik pramono says :

    udah terlanjur pake corel sekarang belajar illustrator ga bisa2 :((
    thanks mas tutorialnya🙂

  4. Dian aurel says :

    Sae mas bro…iya udah terlanjur pake corel..mau belajar AI jd agak kikuk (blm bisa)..
    lanjut trs tutorialnya.. :p

  5. bhiper says :

    keren gan tutuorialnya….

  6. mailuns says :

    Reblogged this on Ahmad Ismail.

  7. agustina says :

    ada ga,gan sket kartun frozen

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: