Tips: Menangani Kritikan terhadap desain

Setiap desainer pasti ada pengalaman pribadi dengan kritikan-kritikan klien terhadap karya yang sedang kita kerjakan. Apalagi jika kita mencoba menerapkan sesuatu yang baru. Selain itu biasanya kritikan datang dari klien non-artistik. Hal ini biasa karena perbedaan cara pikir yang berbeda. Terkadang klien sulit mengerti dengan cara yang kita lakukan. Jadi lebih baik mempersiapkan diri untuk menghadapi kritikan, berikut ada 3 tips dalam menangani kritik terhadap desain.

Cobalah untuk tetap tenang dan jangan perlihatkan perasaan kesal
Sulit untuk mengambil langkah mundur setelah bekerja keras terhadap proyek yang sedang kita kerjakan, rasa kesal jelas akan muncul apalagi desainer biasanya cenderung lebih emosional dengan pekerjaan mereka. Jangan berpikir klien akan menarik komentar negatif mereka setelah melihat wajah marah anda. Sebaliknya, mereka akan melihat anda sebagai seseorang yang tidak bisa menerima kritikan. Selama komentar bukan bersifat penghinaan, cobalah untuk mengambil pendekatan yang tenang.


Memahami Kritik Klien ‘

Kritik yang paling sering terjadi biasanya adalah “Saya tidak terlalu mengerti dengan desain. Tapi seperti nya ini kurang sesuatu, tapi aku tidak bisa mengatakan dimana kekurangan itu sebenarnya “. bila pertama kalinya kita menghadapi klien yang seperti ini seketika kemurkaan akan meraji pikiran anda, Tetapi lebih baik memahami dan membantu klien merumuskan pikiran mereka. Garis bawahi kritik mereka dengan memberikan beberapa pertanyaan yang akurat sehingga anda dapat mengatasi mereka secara individu.

Jelaskan kepadanya jika anda bisa. Jika tidak rubahlah

Jika anda merasa yakin mampu meyakinkan klien, pergi ke depan dan jelaskan alasan di balik desain Anda. Beberapa klien akan berubah pikiran dan setuju dengan anda,  jika penjelasan anda jelas dan baik. Jika anda ragu dengan kemampuan anda untuk menyakinkan, cobalah untuk  mengkuti apa yang klien inginkan dan anda masih tetap terlihat profesional dengan kemampuan untuk menerima kritikan.

Tags:

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

One response to “Tips: Menangani Kritikan terhadap desain”

  1. alen says :

    client is everything but they don’t know enything…

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: