Penghuni Pantai Barat Selatan Aceh

Tau dimana Aceh bagian barat-selatan??? ga tau kan??? okelah biar aku kasi tau…aceh itu dikenal dengan “aceh lhee sagoe” artinya aceh tiga bagian, yaitu barian Timur – Utara, Tengah – Tenggara dan Barat-Selatan. sekarang aku akan bercerita tentang pantai barat selatan. Wilayah Barat Selatan dipenuhi dengan perbukitan dan pantai, kondisi alam tersebut mengajarkan masyarakatnya untuk dapat bertahan dalam kondisi alam yang keras. namun kondisi tersebut membuat prilaku mereka sabar dan santai karena alam memberikan segalanya untuk hidup. selain itu masyarakat lintasan ini selalu diidentikkan dengan hal-hal yang berbau mistik terutama aceh selatan. mungkin salah satu alasan kenapa jalan lintas barat selatan belum kunjung selesai karena mungkin pemerintah berpikir masyarakat disana tidak butuh jalan karena konon mereka sakti-sakti, bahkan bisa terbang (macam difilm-film harry potter). hanya bermodalkan sapu bisa menembus jarak sejauh manapun. jadi tidak perlu buru-buru menyelesaikan jalan mendingan berpikir bagaimana merealisasikan proyek jalan tol aceh ke medan.

Bila hujan, lintasan diatas sangat layak untuk medan off-road atau grasstrack, untuk menempuh waktu dari banda aceh ke aceh selatan cukup membutuhkan waktu 10 – 12 jam ditambah layanan jasa rakit penyeberangan 3 kali. konon rakit penyeberangan tersebut tetap dibiarkan aktif untuk menarik para pengunjung terutama turis-turis lokal yang hendak pulang kampung halaman. sehingga ada kesan yang berbeda ketika melintasi pantai barat selatan. ada banyak bahan untuk diceritakan saat berkumpul.

serambinews

Setelah melewati 10 jam, maka sampailah di kabupaten aceh selatan, disinilah terdapat ribuan legenda yang sampai sekarang masih tetap hidup melaluli generasi ke generasi. dari cerita-cerita beberapa tokoh adat, penduduk aceh selatan gemar bercerita, cepat dalam mengarang dan suka bercanda (basa-basi). salah satunya adalah legenda tapak tuan, legenda tapak tuan pernah dibukukan karangan darul qutni ch penerbit Mitra Gama Widya tahun 2002.

Pada tahun 2000 silam, legenda tapaktuan menjadi desain perangko edisi “Cerita Rakyat/ Indonesian Folktales” dengan designer nya Ahmad Thorioh, suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat aceh pada umumnya akan prestasi ini.

Selain itu legenda tapaktuan tidak hanya sekedar cerita belaka, karena alam cukup memberikan beberapa fenomena yang kemudian memperkuat legenda tersebut sehingga samapi sekarang legenda tersebut tetap hidup dari generasi ke generasi. salah satunya adalah tapak “tuan tapa” ukuran raksasa di gunung lampu (bukit mercusuar) dan kuburan tuan tapa di kelurahan padang. bila laut sedang surut maka akan terlihat semacam tiang/ tonggak di tengah laut dimana konon adalah tongkat tuan tapa yang terhempas saat melawan si naga, dapat dilihat dari khayangan (nama tempat wisata di tapaktuan) daerah gunung kerambil. selain itu sekitar dua puluh tahun yang lalu bila berdiri dari jarak tertentu dengan memandang ke arah gunung dibelakang terminal tapaktuan, sekilas gunung tersebut membentuk seperti sisik-sisik naga (dulu).

Tapak Tuan pasca pemugaran

makam tuan tapa

so, sekian cerita aceh selatan, pepatah lama mengatakan ” jak beutroh kaloen beudeuh, bek rugoe meuh saket hatee” artinya datang dan saksikan sendiri jangan menyesal dikemudian hari. selamat datang di kota naga…………..saleum

Tags: , ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

12 responses to “Penghuni Pantai Barat Selatan Aceh”

  1. guson says :

    nice picture,…!!
    boleh juga buat wallpaper

  2. Ucup says :

    kapan ya,,
    aq bisa kesana…
    dengar2 disana pemandangannya bagus

  3. rajak says :

    kapan aja boleh bro……..
    welcome to Kota Naga…….

  4. zulmalik says :

    yo hebat bana tu…kok ado tlg tampilkan gambar seni budaya dan taman putri naga
    trims

  5. rajak says :

    ya..Insya Allah untuk itu akan nyusul nantinya

  6. Waru says :

    Aih, tujuh tahun lebih ga pernah injakin kaki disanaaaa. Hampir nangis lht ceritanya, apalg skrg byk pembangunan

  7. agusfardin says :

    tulisannya tajam juga,kalo bisa bahs juga daerah lainnya spt trumon dan bakongan

  8. misterius says :

    trumon bakongan…itu lewat lagi dari kota tapak tuan…
    pemandanganya indah sih…penuh dengan bukit dan sepanjang jalan terbentang laut samudra yang sangat indah jika dilihat dari atas bukit..
    wisata alam di bakongan juga sangat bagus…
    iya kan Jak….ente selaku orang sana harus ngejelasin gimana indahnya pantai barat..

  9. farel says :

    mistik dan segala jenis bentuk magis disetiap daerah ada, namun terkadang mereka tidak mengakuinya karena tidak berani atau tidak bertanggung jawab, setidaknya tidak kegiatan spiritual berakhir negatif, contohnya pengobatan-pengobatan ala tradisional.

  10. dmilano says :

    Halah…. mistik itu disetiap daerah juga banyak, bukan cuma wilayah kami di barat selatan.

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: