10 icon yang paling familiar di Aceh

Udah lama ga posting blog ini mengenai aceh, berhubung punya waktu coba posting sedikit dengan harapan berguna, sekalian cacian dan makiannya bila memang salah or khilav

10 icon paling sering (familiar) di aceh.

1. Rencong.

Rencong memang sudah menjadi icon aceh sudah sejak lama (abad ke 13). ditambah dengan bentuk nya yang unik sehingga rencong menjadi icon yang paling banyak digunakan.

2. Pinto Aceh.

Begitu juga halnya dengan pinto aceh, Pinto Aceh diambil desainnya dari sebuah monumen peninggalan Sultan Iskandarmuda yang bernama Pinto Khoh. Monumen tersebut yang sekarang di sekitarnya dijadikan taman rekreasi, terletak di tepi sungai (krueng) Daroy, konon dulunya sebagai pintu belakang istana Keraton Aceh khusus untuk keluar masuknya permaisuri Sultan Iskandarmuda beserta dayang-dayangnya kalau sang permaisuri menuju ke tepian sungai untuk mandi. Sekarang ini taman tersebut diberi nama Tanian Putroe Phang (Taman Putri Pahang), nama sang permaisuri.
Dari desain gerbang kecil Pintu Khob itulah diambil motif untuk perhiasan yang bernama Pinto Aceh ini.

Munculnya perhiasan motif PintoAceh ini ketika tahun 1926 pemerintah Belanda di Kutaraja (Banda Aceh) menyelenggarakan Satteling (Pasar Malam) yang terbesar, digelarkan di Esplanade (Lapangan Blang Padang). Pada Pasar Malam tersebut diberi kesempatan kepada para perajin emas dan perak untuk membuka stand, untuk memperlihatkan dan memamerkan kebolehan serta karya-karya keterampilan tangan mereka.

3. Map (Peta) Aceh

icon satu ini cukup umum digunakan, baik di dalam maupun dalam media lainnya.

4. Mesjid Raya Baiturrahman

Yang satu ini menjadi icon kebanggaan rakyat aceh. bahkan sekarang sudah menjadi landmark aceh umumnya. dulu rasaya bila ke aceh belum sempat singgah ke mesjid raya Baiturahman terasa belum sah. sekedar untuk foto-foto sebagai bukti pernah ke aceh. disayangkan belakangan profesi sebagai fotografer mesjid raya lambat laun semakin sirna, kalo misalnya ditetapkan kebijakan dilarang membawa kamera kedalam areal mesjid raya selain fotografer yang sudah ditentukan, pantas ga ya, biar masing-masing punya lahan untuk mencari nafkah???hehehhe…cuma usulan kok…

5.  cangkir kopi.


Mendadak Aceh penuh dengan warung kopi terutama kota banda aceh, entah bagaimana kisahnya sehingga saat ini dimana-mana, disetiap sudut terdapat warung kopi. otomatis icon cangkir kopi begitu hidup di aceh. biar unik sekali-kali warkop yang baru buka maunya menggunakan identitas lain, misalnya pake icon “copy paste.”..aneh ga ya??😀


6. Kupiah Meukutob.

Kupiah Meukutob lumanyan sering digunakan  baik dalam logo maupun identitas. kupiah meukutob sekarang ini menjadi bagian dari pakaian adat masyarakat aceh.

7. Gunongan

Gunongan merupakan salah satu bangunan yang tersisa peninggalan sultan iskadar muda, gunongan dibangun atas landasan cinta (simbol cinta) Sang Sultan Iskandar Muda kepada Putroe Phang (Putri Kamaliah) yang berasal dari Negeri Pahang (Malaysia). sama halnya dengan Kaisar Syah Jahan yang membangun Taj Mahal untuk sang Istri (Mumtaz Mahal) sebagai lambang cinta abadi.

8. Pinto Khop

Karena arsitekturnya yang unik bangunan ini lumanyan bagus untuk dijadikan logo, mengingat fungsinya sebagai tempat peristirahan putri dan dedayang dulunya, pinto khop jarang digunakan sebagai logo, dulu ada lembaga yang menggunakannya tapi sekarang sudah diganti seiring berganti nama.

9. Lonceng Cakra Donya

Lonceng cakra donya kebanyakan digunakan sebagi logo akademisi di Aceh. asal muasalnya buatan negeri cina yang diberikan kepada kerajaan aceh.

10. Rumoh Aceh

Rumoh aceh atau dikenal dengan runoh tjut nyak dhien kebanyakan digunakan sebagai wallpaper untuk mewakili aceh secara regional. untuk simbol/logo masih kurang yang menggunakan rumoh aceh sebagai identitas.

Tags:

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

12 responses to “10 icon yang paling familiar di Aceh”

  1. Fadli Idris says :

    Dimana bisa download icon2 tersebut dalam format vector bos?

  2. ekal says :

    Dan utk mempromosikan ikon2 td, ada baiknya kita selalu bawa mereka kemana2.
    Semisal selalu bawa rencong ke kampus, memakai kupiah meukutop sebagai pengganti helm, dll, hehe, bcanda.
    Mmm, kalau ikon2 td kita gubah dlm bentuk kaos, aksesoris, dsb, kayaknya mantap lah. Selain menambah perasaan cinta Aceh, juga sekalian promosi.

  3. rajak says :

    fadli idris : bole…ntar aq share…ok

    eka : hehehehehe………
    dulu aq juga sering bawa rencong kemana2
    belakangan malas karna dikirai teroris
    kalo dalam bentuk kaos udah banyak yang bikin…
    aq sering liat orang pake….

  4. muhammad abdurraziq says :

    assalamu’alaikum warahmatullahi……saya sangat berharap dari 10 hal yang paling paling familiar tersebut diciptakan sesuatu yang dapat memberikan kesan yang mendalam kepada siapa saja yang mengunjunginya ke aceh, seperti kalau di amerika patung liberti misalnya, kalau di prancis menara eifel misalnya, kalau aceh apa ya kira….kira…..cuma gitu x komentar saya……semoga dapat diwujudkan….

  5. fitra kurnia muda says :

    icon yang berasal dari aceh pesisir tu emang banyak, alangkah baiknya kalau icon diambil dari aceh bagian tengah kaya gayo, singkil, alas, bahkan kalau bisa simeulue tuh !. baru bisa dikatakan “Aceh Unity” kalau icon dari setiap wilayahaceh ditampilkan untuk dikenal luas, tinggal explor aja ke situs kabupaten/kota mereka. gak enak juga kalau ada publik aceh bagian lain yang gak lihat icon dari wilayahnya, yang akhirnya merasa ter-diskriminasi.
    Salam untuk kamu semua ! terus berkarya ,dari putroe Aceh Malaya.
    NB: “jangan lupa shalat 5 waktu beuh !”

  6. rajak says :

    muhammad : semoga…tapi setahu saya di aceh tidak bole ada patung, paling hanya berupa tugu….

    fitra : yapz…benar……
    tapi saya cuma mengeksplore icon yang familiar (paling sering mewakili aceh) menurut pengalaman saya sich segitu (😀 )
    tapi kalo mengexplor semua mungkin saya akan bikin judul “icon2 di seluruh aceh” tapi terima kasih udah mampir……..suatu hari akan saya usahakan
    salam juga……..
    Shalat memang sudah kewajiban apalagi sudah menjadi kebutuhan,,,,,,,,,,,,,

  7. Ucup says :

    info yang menarik
    sangat berguna….

  8. eka says :

    mantap nih, bisa mauk Metro 10
    heheh

  9. dimas agung santoso says :

    ada icon lain gk kak?

  10. rajak says :

    hmm….sebanarnya ada banyak
    tapi terlalu umum tidak khusus

    malahan ada juga yang udah mulai pake icon2 tsb…

  11. Sonny says :

    Blog yang mantrav…..!

  12. Ben Nafi says :

    mantab deh bg..🙂

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: