Atribut perang kerajaan Aceh

Aceh mengalami masa kejayaan dibawah pimpinan Sultan Iskandar Muda. Kekuasaanya mencakup pantai minangkabau sampai dengan perak (Malaysia). Layaknya kerajaan-kerajaan di dunia, kerajaan aceh memiliki beberapa atribut-atribut kerajaan yang dipercaya dulu sebagai pembangkit semangat juang para pahlawan aceh.

Salah satu bendera yang sekarang masih tersimpan rijksmuseum memiliki catatan sendiri tentang perlawanan rakyat aceh melawan tentara belanda. Bendera tersebut berbentuk lingkaran (bulan purnama) dan pedang dengan ukiran khaligrafi arab yang ditulis dengan tinta. Karena umur bendera yang sudah terlalu tua, sehingga membuat belanda sulit membaca khaligrafi pada bendera tersebut. Mereka menyakini khaligrafi tersebut berupa slogan-slogan agama Islam yang membangkitkan semangat jihad para rakyat aceh. Sehingga membuat belanda kewalahan melawan kerajaan aceh. Bendera tersebut diambil oleh belanda pada tahun 1840 dalam penyerbuan benteng malay

Selain bendera diatas, kerajaan aceh masih memiliki beberapa atribut versi lainnya kebanyakan berupa lambang pedang. sedangkan bendera yang sangat paling dikenal adalah Alam Peudeung (Bendera Pedang).

Dalam beberapa catatan lainnya ada bendera lainnya bendera kerajaan aceh berupa bendera berwarna merah dengan pedang tunggal dan bulang bintang, bendera ini dikenal dengan sebutan Alam Zulfikar yang dibuat oleh Ali Mughayat Syah (Raja pertama Aceh) yang memimpin aceh dari tahun 916-936H (1511-1530 M). Zulfikar dikenal sebagai sebutan pedang Nabi Muhammad SAW yang dihadiahkan kepada Saidina Ali bin Abu Thalib pada saat perang uhud (625 M) kemudian pedang tersebut diwariskan kepada Husayn ibn Ali, cucu Rasul, yang gugur dalam Perang Karbala.

So, berarti dulu aceh memiliki beberapa atribut dan bendera, tapi ada catatan sejarah lainnya Pada tahun 1876 dalam sebuah penyerangan yang dilakukan belanda dipimpin oleh W.D.C. letnan Regensburg terhadap benteng Lamboe Aceh, belanda menemukan sebuah perisai dan 1 kecapi dibulan desember 1876. Sekarang ini perisai tersebut berada di mesium belanda.

Berikut Beberapa Atribut lain yang dimiliki kerajaan Aceh

ref : http://www.rijksmuseum.nl, http://moohhann.multiply.com

adiey-atjeh.blogspot.com, http://www.acehfeature.org/

Tags: ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: