Download: Ornament Aceh v.6

Ketika terbangun dari tidur saya menikmati dekorasi-dekorasi indah terukir rapi pada permukaan plafon, setelah cukup sekian lama baru kali saya benar-benar menyadari kehadiran ornament-ornamen tersebut. Saya juga bingung kenapa selama ini tidak sempat memperhatikannya mungkin saja saya tidak perhatian atau karena terlalu sering terlihat atau memang tidak pernah peduli (lupa). Meskipun tidak penting tapi saya sangat  terinspirasi oleh dekorasi tersebut.

Bagi masyarakat tradisional aceh, penerapan seni ornament hampir meliputi segala hal misalnya pada arsitektur, senjata, peralatan rumah tangga, pakaian dll. Seiring berjalan waktu penerapan ornament aceh saat ini sudah semakin jarang karena pengaruh zaman, disamping itu masih tetap ada yang mempertahankannya tapi dengan model yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan zaman. Sejarah ornament aceh sendiri konon berasal dari budaya timur tengah kemudian beradaptasi dan berkembang didalam kehidupan bemasyarakat aceh, untuk selengkapnya anda bisa membacanya di berbagai sumber berhubung disini saya sedang tidak membahas sejarah (sori beuh).

Dalam usaha memperkenalkan kembali ornament aceh sebagai warisan budaya leluhur yang layak untuk dijaga, acehdesain akan membagikan ornament asli aceh format vector semoga bermanfaat dan dapat membangkitkan kembali semangat seni aceh masa lalu (yaelah, patriotisme level dewa)

Referensinya :

Untuk penerapannya bisa anda gunakan seperlunya sesuai kebutuhan anda.

Cara mendapatkan file ornament aceh v.6, silakan beri komentar, saran atau kritikan untuk acehdesain, saya akan mengirimkan link downloadnya via email ke anda.

Tags: , , ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

86 responses to “Download: Ornament Aceh v.6”

  1. Jaka says :

    saya sendiri suka ornament pinto rumoh aceh yang swirl dan tampak megah itu…

    neubri long dilee linkjihh :D

  2. Rahmad says :

    Bos, minta tolong kirim master logo Hotel dan Pemda di Aceh… Soalnya sudah coba download di blog ini, umumnya tidak bisa. Ini email saya : rahmadardiansyah@gmail.com.
    Kalau bisa dikirim dlm bentuk corel dan dikemas dlm .rar.

  3. ricisan says :

    mantap bos…kreatif dan inovatif..jika berkesempatan, mohon di share ya bro…

  4. fahcrul says :

    lon fachrul, mahasiswa isi yogya, tulong kiremkan gamba jeungki dan ornamen aceh beh, keu saraswati.fc@gmail.com

  5. fahcrul says :

    lon fachrul, mahasiswa isi yogya, tulong kiremkan gamba jeungki dan ornamen aceh beh, keu saraswati.fc@gmail.com
    . my fb : ishaan awasthi saraswati

  6. rajak says :

    thank all
    linknya sudah saya email kealamat masing2
    saleum

  7. dara setyana says :

    nice…
    look like real aceh’s ornament:)

    boleh buat references thesis saya yaa…
    dara.setyana@yahoo.co.id
    terimong genaseh :)

  8. grosirbajukerja says :

    sederhana namun jadi mewah

  9. Gibran says :

    Good design… i like it.

  10. Muhammad Bin Ismail says :

    Mantap,,, Masih ada yang peduli dengan keindahan yang ada di Atjeh.. Salut,, teruskan dan kembangkan,, ini ada manfaat bagi Pemerintah/konsultan, yang lain dalam mendesain Gedung Kantor/Rumah dalam wilayah Atjeh khususnya..

  11. dara setyana says :

    designya halus n keliatan dimensinya.. good design
    kalo boleh dibagi, tlg email ke saya ya :)
    terimong genaseh :)

  12. imam langsa says :

    Assalammuallaikum Wr Wb
    Ornamen aceh unik dan langka (apalagi saat ini) sungguh pekerjaan besar yang anda lakukan ,”tiada kata dan harga yg lebih tinggi” semoga kemuliaan yg anda dapatkan.
    Terimakasih apabila anda mau berbagi ornamen aceh yg orang tua saya sukai juga saya.
    Salem.

  13. hendri agustian says :

    mantabz adun,,, siereuk bak lon bacut,,, terimoeung genaseh

  14. uc up says :

    link nya jak..
    kapan…bisa shering2 ilmu lg kita?

    azwar_yf@yahoo.co.id

  15. Acim says :

    Waw keren2..
    Nyan kop bereh…

  16. master qordlowiy says :

    saya bukan orang (atau dari) aceh tapi saya tertarik juga untuk koleksi ornamen. bolehkah saya memilikinya? terima kasih.

  17. tanzilalkhair says :

    nama saya tanzil al khair dari aceh tamiang. mohon dikirimkan ke saya donk..
    ni emai saya :

    tanzilalkhair@yahoo.co.id

    mohon ya…

  18. koiko says :

    Desainnya kerennn,,,sangat-sangat sederhana tapi kelihatannya sangat istimewa. tolong dikirimkan yang ini dong ke email saya. koiko_juni@yahoo.com…thanks sbelumnya…salam kenal koiko ;)

  19. ayi mudarris says :

    Keren…..mantap..aceh banget

  20. Surya says :

    Keren juga tuh klo dibuat frame undangan…
    Tapi lebih keren lagi klo dkirim ke email ku hehehehe…..

  21. Tommy Suhartomo says :

    wah keren, sy suka bgt sm motif2 dr seluruh penjuru indonesia..
    indonesia emang kaya..

  22. irman says :

    keren……………………

  23. agung says :

    kreand buangethghh !!!

  24. agung says :

    keren sekali dan saya mengaguminya banget

  25. syarif hidayatullah says :

    cakeppp…sangat menonjolkan kekhasan daerah….
    tolong dikirim dooong…klo bisa format cdr or psd dech…ke e-mail saya yaa…

  26. agus p says :

    Chakep banget……………….. ornament aceh … ciri khas budaya aceh …merupakan salah satu nilai budaya yang perlu dijaga dan di perkaya olehbangsa aceh artinya bangsa aceh harus lebih mencintai ke khas san aceh itu sendiri . karena ini merupakan jati diri bangsa aeh…..

    oya link nya dunk ke email.

  27. fadlipeudada says :

    minta donk gambar ornamen aceh format corel ya
    mau belajar desain ne

  28. iwan chip says :

    klo boleh yg tradisinal banget nih d kleuarin pak.. Desain motifnya di beri ketrangan dari aceh mana asalnya dan mkna motif trsebut itu apa… Mksh pak

    • daud penjaga museum says :

      refensinya sudah jelas dibawah tertera pak…
      motif tersebut tertera pada pilar penyangga mesjid raya baiturrahman banda aceh,sementara asalnya menurut sejarah ornament mesjid raya itu dari berbagai negara termasuk persia kala itu..jika anda tertarik mengenal mengenal sejarah mesjid raya saya rekomendasikan untuk ke museum aceh disana ada beberapa manuskrip yang menjelaskan darimana saja asal motif-motif di mesjid raya,,,

  29. LeNi Sang Jundullah says :

    wah, ornamennya bagus.. :)

    kalo ornamennya kaltim ada punya ga?

  30. saefatullah says :

    unik dan inpiratif

  31. Alilar says :

    wah ornamenya bagus sekali ….:D

  32. Alilar says :

    Nice …

  33. ahusin says :

    Mantap That…terimong geunaseh beh nyo lon tampo….

  34. ghifari wirandika says :

    Keren adun. tetap berkarya.

  35. ican says :

    wahh boleh dong om ornament nya kirim ke ihsan.mya[at]gmail.com yahh…planning neuk peuget undangan pesta..soe teupu na yg meukeuneng…hehehe

  36. Revon Chaniago says :

    hehmm :) Boleh th Om Ornementnya kirim ke Revonchaniago@yahoo.com yg kaya begini bisa membawa nama indonesia menjadi terkenal di seluruh dunia :)

  37. superstar says :

    bagus….& menarik Thanks

  38. ade says :

    keren

  39. raja rachibaiti says :

    Indonesia memang kaya budaya.. mungkin ribuan ornamen khas adat budayanya tersebar dari sabang sampai merauke. pengen banget punya koleksi ornamen khas dari masing2 daerah di indonesia… apa lg udh dlam format cdr gini..
    Salut buat bang rajak.. semoga ornamen daerah lain nyusul…

  40. aras86 says :

    terlihat mengandung banyak arti, semoga bisa dikenal lagi oleh orang banyak,saya mau tanya, apa yang bisa jadi simbolis atau yang bisa menjadi kenang2an untuk aceh timur? kalau boleh saya mau download ornamen khas Aceh ini, email saya : rudi.adrian@gmail.com terima kasih banyak.. :)

  41. koen says :

    wow..keren banget. Tularkna ilmunya ke orang2 disekitarnya bang, biar muncul designer2 baru dari Aceh. jempolsikil13@yahoo.com

  42. gandunk says :

    bagi link ornamentnya gan
    amrul.hakim13@gmail.com

  43. Acim says :

    Great idea rakan…
    Sangat inspiratif.

    rajananggroe@yahoo.co.id

  44. madhan says :

    Keren abis..tuh ..bagi dunk..tq

  45. budi says :

    bagus bang kumlit kayanya

  46. Mohan Han says :

    bangi vektor jih lah…ngen

  47. timur says :

    mameh that desain jih..
    tulung dkrim bak email loen beuh ^_^g lain jih.. 1-8
    ^_^
    and ornament versi y
    jzk khr ktsrn

  48. timur says :

    mameh that desain jih..
    tulung dkrim bak email loen beuh ^_^
    ^_^
    and ornament versi yg lain jih.. 1-8
    jzk khr ktsrn

  49. Ilham says :

    assalamualaikum!
    bang saya lagi ngedesain interior islamic center nih.
    boleh bagi desain vektornya ga? hehe
    kalo boleh kirim ke email saya bang

    ilhamsyahputra.1989@gmail.com

    makasih bang!

  50. Gunawan says :

    Teknik gradasi yg keren bang. kalo boleh minta ya bang. lagi perlu buat dekor pesta nikah nuansa aceh. terima kasih

  51. mardha says :

    mantap …!
    tulong neu kirim bak email loen beuh….

  52. hendra says :

    mantab bg, kalau boleh minta kirim ke hens.langsa@gmail.com

  53. ahmad juwaeni says :

    bos boleh tuh ornamennya, kirim k email sy dong : black_djie@yahoo.com

  54. fit says :

    keren2 ,,, sangat sangat keren ornamentnya ….dibagi link dowloadnya bro… via zaal_88@yahoo.com

  55. Bäñg Sûryä says :

    Saleum…
    Pakiban aduen meunyoe loen lakee untuk loen usaha kecil kecilan dirumoh
    Peuna idien bak droen neuh…
    Meunyoe na tuloen neukirem bak loen bangsurya@gmail.com
    Teurimoen geunaseh

  56. zaky2rafelky says :

    mantap ornamen desainnya.. tolong kirim via email saya zaky2rafel@yahoo.com makasi :)

  57. Ucup says :

    jak ko share aja lah jgn neko2 heeheheheheh

  58. Zuhdi says :

    Alhamdulillah…. keren bosss…..

  59. quraish says :

    mantap Bos!!!!!!!!!!

  60. elfaz says :

    very nice design….keep in touch

  61. ikhsan says :

    mantap gan.. ane butuh banget ni ornamen gan utk buat background utk spanduk sosialisasi kantor ane…

    keep posting gan

  62. Ma'arif says :

    Bereh that nyoe bg . Tulong kirem beh, muhammadisnainimaarif@gmail.com. Trimong Geunaseh.. :D

  63. teuku afie says :

    bereh that !!! :)

  64. Fatma says :

    bagus gan, boleh dikirimkan file nya ke email saya :) terimakasih

  65. Fadli says :

    entah knapa saya suka dengan ornamen-ornamen Aceh, menurut saya motif-motifnya sangat menarik. mau skalian dipasang di kartu nama pribadi hehe
    boleh lah bang kirim design keren-nya via e-mail :) Trimong Geunaseh

  66. chairul says :

    gua minta soft,,ni bisa gg kita gunakan untuk album kaset

  67. ikbal says :

    mantap bang

  68. sitiaisyah3 says :

    Halo saya chacha, terimakasih sebelumnya untuk sharing ilmu tentang desain pattern aceh. Semoga berkenan share untuk EPS nya :)

  69. catur says :

    ajibbb…god refrensi.. saya sedang mencari nih.. thanks thanks thanks… :)

  70. Berto Theo says :

    asik nih blognya, lagi nyari-nyari referensi, tapi ornament aceh yang warnanya lebih rame ada juga kan. send dong bang kalo berkenan

    keep posting..

  71. dino says :

    subhanallah….baru ketemu ada blog yang mau sharing info menarik. saya suka seni dan ornamen batik nusantara termasuk aceh…..terus berkarya untuk kelestarian budaya nusantara terutama aceh…terima kasih, salam hangat dari urang sunda….haturnuhun links nya. semoga tetap berbagi untuk karya2 lainnya

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

