Tutorial: Membuat Ilustrasi Kemasan Makanan Ringan

Rencananya, semester ini mau ambil “KKP” tentang pengaruh kemasan terhadap nilai jual, setelah berpikir dan membaca beberapa analisa yang sudah pernah dibuat ternyata susah menghitung “pengaruh2″, rumusnya berat, sepertinya harus ajukan judul lain. daripada error kebanyakan mikir mendingan isi blog ajah… kali ini aku mencoba membuat ilustrasi kemasan makanan ringan, meskipiun ga nyambung desain dengan materi nya, setelah coret-coret¬† ini hasilnya……. ;p (produknya ubi malah jadi kentang :(

okeh, jangan fokus sama desainnya (jelas hancur hahahah), kita cuman membuat ilustrasinya kok…kira-kira gini desain awalnya..aku coba dengan kemasan makanan ringan ala aceh, “keupik ubi saree”. alasannya karena aku suka dengan keripik ubi yang dijual disaree.

Sebelumnya persiapkan: Program Adobe Illustrator CS3 + desain kemasan.

Langkah I : Buka desain kemasan yang sudah anda persiapkan. disini aku sudah menggunakan desain kemasan keuripik ubi saree. kemudian pilih object > envelope distort > make with mesh. isi kolom dengan angka 4.

nah, sekarang atur bentuknya sesuai dengan selera (tekan U), atau ikuti bentuk seperti yang aku buat, lihat gambar dibawah.

bila sudah selesai selanjutnya…

Langkah II : Copy menjadi dua, hasilnya jadi desain 1 dan desain 2, pada desain 2 pilih object > envelope distort > realese. jadinya seperti dibawah ini.

pada desain 2 isi dengan warna black 20 % pada transparancy pilih multifly,  kemudian timpa keatas desain 1. lihat gambar berikut.

Langkah II : beri warna pada mesh untuk setiap tepi dengan warna black untuk memberikan kesan gelap. beri warna dengan menggunakan anchor, anda bisa menambahkan mesh dengan perintah “U” pada keyboard.kreasikan sesuai dengan selera.

Selanjutnya gunakan pen tool untuk membuat pola-pola seperti dibawah ini, isi dengan warna putih atur opacity nya serendah mungkin, tapi masih dapat terlihat kesan pola-pola tersebut.

langkah III : dengan menggunakan elips tool buat dua objek. objek pertama lebih kecil beri warna hitam, selanjutnya object yang lebih besar beri warna putih.

Gunakan perintah Object > Blend > Make (Alt + ctl + B).

begini hasilnya………

Selanjutnya tambahkan background. disini aku menggunakan warna gradasi biru ke putih.

Akhirnya selesai…mohon saran atau kritikan bila ada kekurangan dalam tut ini. karena aku mengerjai dengan buru-buru. saleum …

About these ads

Tags: , , ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

9 responses to “Tutorial: Membuat Ilustrasi Kemasan Makanan Ringan”

  1. alen says :

    desainnya bagus bro sederhana aja, yang penting menarik dilihat anak kecil (target marketnya anak anak khan?) separasi warnanya bisa brur??

  2. rajak says :

    alen :tq….rencana targetnya mang anak2. salam kenal

  3. ipieems.com says :

    sangat membantu :)

  4. heri says :

    gud job……
    hayooo…maju terus acehdesain……………

  5. donny says :

    Nice tutorial, salam kenal sukses terus untuk acehdesain ^_^

  6. rajak says :

    donny : makassi udah mampir
    salam kenal kembali don…. :D

  7. Tri Adi Cahya says :

    Desainnya bagus, tapi sekedar info aja bagi rekan-rejan bisnis, jika anda ingin tahu tentang info kemasan makanan yang terbuat dari artpaper, fullcolour, ringan, anti minyak dan ekonomis, silahkan anda cek di http://montespro.blogspot.com/?view=classic

  8. Nurjannah says :

    Desain nya bagus keren … semoga sukses

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: