Tutorial : Membuat Object 3D dengan corelDRAW

Kesempatan ini, acehdesain akan membagikan beberapa langkah dalam membuat ocject 3D dengan menggunakan program corelDRAW. diawali dengan membuka layar baru (ctrl N).

Langkah I

Buat lingkaran dengan menggunakan Ellipse tool (F7). Tahan Command, dan drag pada layar sampai lingkaran sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. isi warna ligkaran tersebut dengan warna hitam.

Buat lingkaran lain. Ulangi langkah tersebut tapi dengan ukuran yang lebih kecil dari lingkaran pertama dan mengisinya dengan warna merah.

Pilih kedua lingkaran, dengan menekan Shift dan klik kedua lingkaran, pilih back minus font (seperti gambar dibawah).

Sekarang membuat lagi lingkaran dengan ukuran yang lebih kecil, kemudian meletakkannya di belakang bentuk pertama dengan menekan Command + PgDn. Jangan lupa untuk menekan tombol Shift sementara Anda mengubah ukuran lingkaran.

Dalam langkah ini, kita akan belajar bagaimana untuk mengisi warna menggunakan Fountain Fill. buka pilihan Fountain Isi (Anda dapat menggunakan cara pintas F11).

Langkah II

Pada opsi tersebut, mengubah jenis untuk Radial. Lalu mengubah warna campuran untuk Custom. Kemudian mengatur warna seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Tekan OK dan Tekan G untuk mengaktifkan alat mengisi Interaktif. atur posisi dengan menarik (drag) kearah atas. seperti gambar dibawah.

Dalam langkah ini, kita akan belajar cara menggunakan alat 3D.

Caranya dengan memilih “extrude tool” pada toolbox. Atur parameter pada property bar seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Kemudian pisahkan dengan menekan Command + K, sehingga dapat memodifikasi bagian dalam warna.

Tekan G kemudian mengatur warna pada lingkaran yang baru aja dipisah. lihat gambar dibawah ini,

Selanjutnya menciptakan menciptakan efek bevel. caranya dengan mengikuti langkah I untuk membuat sebuah lingkaran yang lebih kecil. atau dengan cara lebih singkat dengan membuat lingkaran dengan elip tool kemudian beri ketebalan pada line, convert ouline menjadi objek dengan memilih arange > convert outline to object (ctrl + Shift + Q).

Isi object tadi dengan warna putih, kemudian pilih tranparancy too, atur posisi sepeti dibawah.

Selanjutnya eksekusi Lingkaran di tengah berwarna merah dengan memberikan warna gradient fill dari warna gelap ke merah. pilih radial dan OK.

Tekan G untuk mengatur gradient. selanjutnya selesai.

About these ads

Tags: ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

8 responses to “Tutorial : Membuat Object 3D dengan corelDRAW”

  1. Ifrayaski says :

    like this,

  2. rajak says :

    Tengkiyu…….. :D

  3. heri says :

    bang…tambahan yang banyak tutorial corel…
    soalnya saya lagi belajar corel ne…
    tq sebelumnya……

  4. Big VOice says :

    object nya bisa pke 3d rad gk???

  5. Ahmad Fikry says :

    kereeen tutorialnya…

  6. hakim says :

    makasih gan tutorialnya ijin copy..

    • rajak says :

      silakan bro..

      • sumarah says :

        maap nih bro … untuk langkah 1 action ke3 .. setelah dipilih 2 obyek lingkaran yg sudah dbuat … kemudian di back minus front … warna merahnya kok ilang … terus klo dilanjutin ke step2 berikutnya tetep warna merahnya gak balik2 .. hehe .. knp yg ada di tutorial anda nggak bisa ilang yah .. hehe .. bingung nih .. tambah lama tambah pusing

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: