Lingkaran Warna

Dalam pembagian Warna, dapat digunakan Lingkaran Warna (color wheel). yang terdiri dari tiga bagian yaitu :
1. Warna Primer terdiri dari warna merah, kuning dan biru. warna primer merupakan warna dasar dalam lingkaran warna
2. Warna Skunder terdiri dari orange, hijau dan ungu. warna skunder merupakan pencampuran dua warna primer dengan perbandingan yang sama. warna orange merupakan pencampuran antara warna merah dan biru.
3. Warna Tersier merupakan pencampuran antara warna primer dan skunder disebelahnya dengan perbandingan yang sama. warna tersier terlihat lebih unuk dan cantik. ada warna hijau toska dihasilkan dari campuran hijau dan biru. warna indigo dihasilkan dari campuran ungu dan biru.
Dalam proses pencampuran warna yang diterapkan dalam peralatan atau perangkat input maupun output, dikenal dengan 2 macam cara yaitu : pencampuran warna additive dan warna subtractive.

Warna Additive adalah pencampuran warna primer cahaya yang terdiri dari warna red, green dan blue dimana pencampuran ketiga warna primer dengan jumlah yang sama akan menghasilkan warna putih. Kombinasi antara dua warna primer akan menghasilkan warna skunder. warna skunder adalah Cyan (gabungan warna green dan blue), magenta (gabungan warna blue dan red) dan yellow (gabungan warna red dan green). prinsip pencampuran warna additive diterapkan pada monitor, TV, Video, Scanner dan lain-lain.

Warna Subtractive adalah warna skunder dari warna additive, namun secara material warna subtractive berbeda dengan warba additive. warna additive dibentuk dari cahaya, sedangkan warna subtractive dibentuk dengan pigment warna yang bersifat transparan. tinta cetak adalah contoh dari pencampuran warna subtractive. warna subtractive terdiri atas cyan, magenta dan yellow, secara teori pencampuran ketiga warna subtractive akan menghasilkan warna hitam, tetapi kenyataan dilapangan adalah warna coklat tua (karena keterbatasan pigment tinta cetak) oleh sebab itu ditambahkan warna hitam (black dinyatakan dengan simbol K berasal dari kata Key) untuk menambah kepekatannya. saat ini warna CMYK menjadi standard dalam proses cetak warna di industri grafika.

About these ads

Tags: , ,

About rajak

Silakan di copas (copy paste) tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. Saleum Acehdesain........

4 responses to “Lingkaran Warna”

  1. Cecep firman says :

    Good

  2. Jasa Pembuatan Desain Brosur says :

    Everyone loves what you guys tend to be up too.

    Such clever work and exposure! Keep up the terrific works guys I’ve included you guys to
    my personal blogroll.

bagaimana menurut anda??silakan direspon..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: